Manfaat Air Kelapa Ketika Hamil


 Air kelapa tak hanya bisa melepaskan dahaga, tetapi kandungan gizi yang terdapat di dalamnya sangat baik untuk kesehatan. Salah satunya, minum air kelapa selama kehamilan sangat dianjurkan, karena memiliki banyak manfaat kesehatan bagi ibu serta bayi. Ada banyak nutrisi penting dalam air kelapa dan memiliki tingkat yang sama dengan keseimbangan elektrolitik yang kita miliki dalam darah. Air kelapa juga steril secara alami. Secara umum, air kelapa sangat sehat, tetapi bahkan lebih menguntungkan untuk wanita hamil.
     Di negara-negara tropis yang hangat, dan kelapa tersedia dengan mudah, dokter sering kali merekomendasikan menimum satu gelas air kelapa per hari untuk wanita hamil. Kelapa membantu menjaga kesehatan ibu dan pertumbuhan janin. Air kelapa tender (empuk atau muda) dikenal sebagai sumber terkaya elektrolit, oleh karena itu sangat dianjurkan bagi orang yang menderita penyakit apa pun. Air kelapa juga mengandung klorida, kalium, magnesium, moderat jumlah gula, natrium dan protein yang tinggi.
Beberapa manfaat dari air kelapa untuk wanita hamil adalah sebagai berikut:
- Air kelapa adalah minuman isotonik alami. Ini membantu dalam pengisian cairan dan hilangnya garam alami yang dilepaskan oleh tubuh.
- air kelapa juga bisa menetralisir racun yang mungkin ada dalam tubuh, kalau di kedokteran air kelapa seperti cairan infus (Ringer Laktat,KAEN3B).
- Air kelapa pada dasarnya bebas lemak dan dikenal sebagai minuman nol kolesterol. Kadar kolesterol yang baik dalam tubuh. Hal ini dapat membantu menjaga kadar kolesterol tinggi.
- Air kelapa sangat dikenal untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Karena air kelapa kaya dengan asam laurat yang digunakan tubuh untuk menghasilkan monolaurin yang dapat memerangi penyakit asam lemak turunan.
- Manfaat kesehatan lain dari air kelapa adalah bahwa dapat membantu mencegah dan mengobati mulas. Air kelapa secara efektif membantu membersihkan usus dan saluran pencernaan.
- Sebagian besar wanita menderita urinary tract infection infeksi saluran kemih. Air kelapa menjadi diuretik alami, dapat membantu meningkatkan aliran dan frekuensi urin.
- Air kelapa adalah sumber alami dan aman untuk hidrat tubuh, dan melancarkan pencernaan, dan juga merupakan bahan kimia gratis yang mengandung jumlah elektrolit yang tinggi.
- Air kelapa ringan dan bahkan dapat membantu dalam penurunan berat badan. Satu cangkir air kelapa hanya mengandung 46 kalori, air kelapa seperti 95 persennya adalah air.

- Bagaimana pun air putih adalah yang paling bagus. Bagi ibu hamil boleh saja minum air kelapa (lbh baik air kelapa hijau) sekitar seminggu sekali Karena air kelapa ini mengandung ion-ion yang dpt memperberat kerja jantung & ginjal.Padahal saat kehamilan, jantung & ginjal ibu hamil sudah bekerja double dgn adanya janin dlm tubuh.Kerja tubuh akan lbh berat saat umur kehamilan mendekati persalinan.Shg diharapkan,air kelapa tdk dminum saat kehamilan mendekati akhir (34 minggu ke atas). 
     Air kelapa secara umum memiliki banyak manfaat kesehatan, dan merupakan sumber besar untuk mengisi kembali jumlah elektrolit tubuh, itulah sebabnya dianjurkan untuk mengkonsumsi bagi orang tua dan orang sakit.
(sumber:IbuBayi.com)

Blog Archive