Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan yang Cocok untuk Para Pria

Pernah melihat pria dengan �suka rela� menyantap buah-buahan? Atau makan dengan teratur? Teratur di sini maksudnya adalah lengkap gizi, tidak sembarang makan? Kalau ada, berarti si pria sudah sadar diri terhadap kesehatannya.

Buah dan berjenis makanan lain seharusnya menjadi konsumsi makanan pria sehari-hari, bahkan dalam jumlah yang relatif banyak. Mengapa demikian? Sebab, tubuh pria berbeda dengan perempuan, misalnya dari segi berat badan. Untuk tinggi tubuh yang sama, berat pria akan lebih berat daripada perempuan.

Karena itulah, pria juga membutuhkan makanan yang lebih banyak dibandingkan dengan perempuan. Dari jumlah kalori, pria membutuhkan minimal 400 kalori lebih banyak daripada perempuan, tergantung pada aktivitas dan usia. Jadi, minimal 2.400 kalori per hari.

Dari mana saja kalori tersebut? Nah, kaum pria juga harus tahu bahwa mereka tidak dapat begitu saja menyantap segala makanan, tanpa membuat perhitungan. Jika asal makan, biasanya pria akan dengan mudah terkena penyakit, misalnya penyakit jantung.

Berikut adalah jenis makanan yang seharusnya dikonsumsi pria:

1. Kalsium dan Vitamin D
Karena pria memiliki berat tulang yang lebih besar, mereka harus menyantap makanan yang kaya kalsium dan vitamin D. Untuk kalsium, minum susu dan produk susu lainnya. Untuk vitamin D, berdiri selama 10 menit di bawah sinar matahari pagi setiap hari sudah cukup.

2. Protein
Pria memiliki massa otot yang lebih banyak daripada perempuan. Karena itu, penting bagi Anda untuk menambah protein dengan menyantap telur, kedelai, ikan, dan ayam.

3. Vitamin B1, C, dan B3
Konsumsi alkohol dan merokok, dua kebiasaan yang umumnya dilakukan pria, menghambat penyerapan nutrisi yang larut dalam air, misalnya vitamin B1, C, dan B3. Defisiensi vitamin B1 akan menyebabkan kelainan pada sistem saraf. Jadi, jika tidak dapat meninggalkan alkohol, Anda harus menambahkan minimal whole grains, sereal, kacang-kacangan, dan ayam dalam menu. Kekurangan vitamin C juga biasa terjadi pada kaum pria. Solusinya adalah menyantap jambu batu, cabai, dan kubis. Satu lagi, penyerapan kalsium juga bisa dirusak dengan merokok dan minum alkohol.

4. Vitamin E
Rambut rontok biasa terjadi pada pria. Karena itu, minyak sayur dan kacang kedelai, yang kaya akan vitamin E, harus ada dalam menu. Keduanya dapat membantu sirkulasi darah dan membuat rambut sehat. Vitamin C, B3, B6, dan B12 juga bisa mencegah rambut rontok. Meski demikian, semua vitamin tersebut tidak berguna untuk kebotakan yang bersifat genetik.

5. Magnesium
Mineral ini berguna untuk mempertahankan fungsi saraf dan merawat otot. Ikan dan whole grains adalah sumber utama untuk magnesium.

6. Potasium
Potasium adalah mineral yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Makanan yang kaya akan mineral itu adalah pisang, jeruk, air kelapa, kentang, alpukat, bayam, dan kacang-kacangan.

7. Selenium
Guna nutrien ini adalah untuk kesehatan jantung dan otot. Didapat dari makanan laut dan kacang-kacangan.

8. Seng
Ini adalah nutrien untuk fertilitas. Cukup asupan makanan laut dan telur, yang kaya akan seng, bisa meningkatkan jumlah sperma dan juga menyembuhkan luka.

9. Antioksidan
Kanker prostat dan paru-paru biasa terjadi pada kaum pria. Karena itu, menu yang ada juga harus kaya akan sumber flavonoid (jeruk, teh, bawang bombai, cokelat), phytochemicals (segala jenis buah dan sayuran), dan vitamin.


Posting Komentar untuk "Makanan yang Cocok untuk Para Pria"