8 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Buah kurma merupakan sejenis buah-buahan yang berasal dari timur tengah seperti Arab Saudi dan negara-negara timur tengah lainya. Namun bukan hanya di timur tengah saja, kurma juga banyak di jual di indonesia dan bisa dengan mudah mendapatkanya. buah kurma dapat dibeli seperti di toko buah, swalayan ataupun di toko khusus kurma.

Khususnya pada bulan ramadhan, kurma merupakan jenis buah-buahan yang paling di favoritkan sebagai menu pembuka pada saat berbuka puasa. sehingga kurma sangat laku pada saat bulan ramadhan. selain rasanya yang manis dan legit, kurma juga sangat kaya akan nutrisi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. untuk lebih jelasnya, berikut adalah 8 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan. 

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Dalam hal ini buah kurma sangat dipercaya memiliki kandungan potasium yang dapat berfungsi untuk membantu menghindarkan seseorang dari resiko penyakit stroke dan berbagai resiko penyakit jantung lainya.

2. Menjaga Kepadatan dan Kekuatan Tulang
Buah kurma dipercaya banyak mengadung mineral, selenium, mangan, magnesium dan tembaga yang memiliki bagian penting dalam menjaga kepadatan tulang dan gigi. sehingga dalam hal ini, buah kurma sangat bermanfaat dalam membantu mempertahankan kepadatan dan kekuatan tulang dan kesehatan gigi. hal ini bertujuan untuk membantu mencegah penyakit osteoporosis atau tulang keropos.

3. Memperlancar Sistem Pencernaan
Kurma merupakan jenis buah yang juga mengandung banyak serat dan asam amino yang dapat membantu memperlancar sistem pencernaan. sehingga sistem pencernaan dapat bekerja/berjalan secara lancar dalam tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Mata
Selain kaya akan serat, buah kurma juga sangat kaya akan Vitamin A yang dapat membatu menjaga kesehatan mata.

5. Mencegah Anemia
Penyakit kurang darah atau anemia memang bisa terjadi karena di sebabkan akibat kekurangan zat besi. karena zat besi merupakan komponen hemoglobin dalam sel darah merah dan menentukan kapasitas oksigen pembawa darah. Dalam hal ini, Buah kurma merupakan jenis buah-buahan memiliki kandungan zat besi, sehingga buah kurma dipercaya dapat membantu dalam mengatasi anemia atau kurang darah.

6. Baik Untuk Otak
Buah kurma memang memiliki kadungan serat dan vitamin yang sangat berguna untuk kesehatan dan fungsi saraf anda. kandungan kalium yang terdapat dalam kurma merupakan bahan untuk meningkatkan fungsi saraf yang lebih responsif. sehingga akan membuat otak bekerja secara maksimal, berfikir lebih cepat dan akan selalu tetap fokus.

7. Mengatasi Sembelit
Kurma juga dipercaya dapat membantu memperlancar buang air besar. karena kurma mengandung banyak serat yang dapat membantu mengatasi sembelit secara alami.

8. Penambah Energi
Kurma juga merupakan jenis buah yang dapat membantu dalam meningkatkan energi seseorang. karena buah kurma mengandung glukosa, fruktosa dan sukrosa. sehingga buah kurma dapat bermanfaat dalam membantu mengembalikan energi dalam tubuh.