Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akibat Memakan Daging Babi

Babi adalah salah satu hewan yang dilarang dikonsumsi bagi umat muslim. Larangan ini memang bukan tak beralasan, pasalnya Allah SWT telah mewanti-wanti jauh-jauh hari agar tidak memakan makanan ini. Bahkan babi tergologn najis mughaladah atau najis berat. Dan taukah anda, ternyata daging babi memiliki efek buruk bagi manusia. Salah satunya adalah bahaya jenis cacing pita yang terdapat pada babi. Mengkonsumsi daging babi dapat jadi perantara bagi cacing pita untuk bisa masuk ke dalam tubuh manusia. Ketika cacing tersebut masuk dan hinggap dalam tubuh, ia akan berkembang biak disana dan akan mengambil semua sari makanan serta nutrisi yang masuk.

Yang lebih gila lagi ternyata cacing pita ini tak cuman bersemayam di dalam perut melainkan bisa berpindah ke bagian tubuh lain seperti misalnya liver, mata, dan bahkan hingga ke otak. Apabila hal ini terjadi maka penderita dapat beresiko mengalami kematian.

Di dalam daging babi banyak sekali terdapat cacing. Bahkan tak cuman pada daging melainkan hingga darah babi tersebut. Ketika dikonsumsi manusia, sebagian cacing tidak mati dan telurnya beberapa masih aktif sehingga ketika dikonsumsi akan masuk ke dalam tubuh. Yang harus anda ketahui adalah, binatang babi merupakan surga dari cacing pita dan ini akan dijadikan sebagai inang bagi cacing pita tersebut.

Seperti yang dikutip dari Guiyang Evening News, di China ada seorang pemuda yang mengalami penyakit dan dibawa ke rumah sakit. Salah satu gejala yang dialami adalah sering pusing, badan lesu, serta pandangan turun. Kemudian dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan hasil CT scan mendapati hasil mengejutkan yakni Dokter mendapat setidaknya terdapat 19 parasit pada otaknya, ini merupakan cacing pita tipe Taenia solium.

Dilansir dari Merdeka, salah satu hobi dari pria ini adalah memakan daging babi. Dan salah satu kebiasaan dia adalah memakan darah babi segar yang kemudian mengolahnya menjadi sop Tian Xue.

Cacing pita melalui telurnya ini diketahui bisa menginfeksi tubuh pria malang tersebut melalui aliran darah. Telur cacing pita tersebut lalu bersarang pada otak dan kemudian menetas di sana. Sel saraf penderita lalu mengalami kerusakan dan mengakibatkan hilangnya penglihatan.


Posting Komentar untuk "Akibat Memakan Daging Babi"