Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tomat Yang Dimasak Berkhasiat Menurunkan Kolestrol

Banyak orang bilang kalau sayuran mentah akan memberikan nutrisi yang sangat baik jika di bandingkan dengan sayuran yang sudah dimasak, namun pendapat tersebut tidak selamanya benar misalnya saja Tomat, ketika tomat dimasak justru kadar likopennya semakin tinggi. Kualitas likopen pada tomat yang sudah dimasak akan jauh lebih bagus dibandingkan tomat yang masih mentah, likopen tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh kita guna menurunkan penumpukan kolesterol jahat yang ada di dalam darah.

Sebuah penelitian atau riset mengungkapkan keunggulan likopen jika dibandingkan dengan obat-obatan farmasi. Peneliti memaparkan, bahwa kualitas ataupun kekuatan likopen yang terdapat pada tomat setelah dimasak sama bagusnya dengan obat statin. Statin ini adalah satu dari beberapa obat yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol jenis LDL. Obat statin ini befungsi untuk menghambat munculnya atau terbentuknya enzim HMG-CoA sehingga dapat menurunan kadar LDL. Bukan hanya itu saja, kandungan likopen pada tomat yang sudah dimasak juga dapat menurunkan berbagai risiko jenis penyakit. Misalnya seperti penyakit kanker, penyakit jantung, peradangan, sakit mata, serta likopen juga dapat meningkakan kesuburan pria.

Salah satu peneliti mengungkapkan bahwa suplemen memang dapat memberikan Anda bentuk yang istan ataupun yang murni dari likopen dan jelas berbeda dengan likopen yang sering anda dapatkan dari makanan. Tetapi Anda bisa mendapatkan bentuk yang salah dari likopen yang terdapat didalam suplemen, seperti itu pemaparan seorang peneliti yang dilansir laman Merdeka dari Daily Health.

Tidak hanya tomat saja salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak likopen. Kandungan likopen tersebut juga dapat ditemukan pada jenis buah yang memiliki warna orange, merah serta kuning. Misalnya saja seperti pada buah jambu, papaya, semangka, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika anda ingin mendapatkan manfaat dari likopen ini, maka disarankan anda mendapatkannya melalui makanan dibanding suplemen.

Kandungan likopen pada tomat ataupun semangka ini sangat mudah diserap oleh tubuh saat sudah dimasak walaupun sebentar. Dan kedua buah itu juga merupakan sumber dari vitamin A, B6, C, serta thiamine. Maka pilihlah tomat yang masih segar jangan yang kalengan.


Posting Komentar untuk "Tomat Yang Dimasak Berkhasiat Menurunkan Kolestrol"