Manfaat Buah Markisa Orange Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Markisa Orange Untuk Kesehatan
Penampilan buah markisa sekilas mirip buah delima, namun bila diperhatikan secara seksama maka keduanya sangat berbeda. Markisa tumbuh subur di beberapa wilayah Indonesia seperti Sumatra dan Sulawesi. Tak hanya menawarkan rasa buah nan segar, markisa sering dibuat sirup.tidak disadari ternyata buah markisa menyimpan manfaat bagi tubuh yang tidak kit asadari diantaranya:

Kaya serat

Markisa terkenal sebagai buah kaya serat yang sangat baik untuk saluran usus atau pencernaan agar tetap bersih dan sehat. Bila ingin memenuhi kebutuhan serat harian, sertakan markisa ke daftar menu makan. Kandungan serat tertinggi berasal dari biji-bijian markisa yang memang boleh dikonsumsi. Buah ini sering digunakan sebagai obat pencahar alami nan ringan.

Kaya antioksidan

Warna daging buah orange dan warna kulit ungu menandakan markisa sebagai buah kaya antioksidan yang berfungsi mencegah pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh. Markisa mengandung antioksidan yang mudah larut dalam air dan lemak, salah satu jenis antioksidan yang paling banyak ditemui adalah beta-carotene.

Asma

Berdasarkan penelitian para ahli kesehatan, resiko serangan asma berkurang bila penderita asma rajin mengonsumsi markisa setiap hari. Selain mengandung vitamin C, kandungan buah markisa akan menghadang histamine yang menjadi penyebab gejala-gejala asma.

Efek relaksasi

Minum segelas jus markisa memberi efek relaksasi luar biasa, cocok bagi mereka yang ingin santai setelah sibuk bekerja seharian. Jus markisa menenangkan pikiran dan saraf agar terasa lebih santai. Usut punya usut, markisa cocok digunakan untuk mengatasi masalah lambung dan pencernaan. Inilah manfaat buah markisa untuk kesehatan.

Pengusir insomnia

Sulit tidur di malam hari? Mengonsumsi buah markisa jadi pilihan tepat. Buah ini mengandung efek mengantuk yang berpengaruh langsung ke sistem saraf, bantu menenangkan pikiran. Minum segelas jus buah markisa satu atau dua jam sebelum tidur agar efek mengantuk cepat terasa.

Sumber nutrisi

Beragam manfaat buah markisa untuk kesehatan karena kaya vitamin C yang bantu meningkatkan sistem imun serta vitamin A yang bantu meningkatkan kemampuan penglihatan, melawan infeksi, membuat kulit bersinar dan membantu pertumbuhan sel-sel sehat. Kandungan potassium yang bantu menjaga fungsi jantung, aliran dan tekanan darah. Senyawa lain yang terkandung adalah kalsium, magnesium, dan zat besi.

Itulah 6 manfaat buah markisa untuk kesehatan yang jarang diketahui masyarakat awam. Bila sulit mencari markisa segar, beli saja kemasan sirup yang dijual tanpa gula tambahan, mungkin harganya sedikit lebih mahal bila dibandingkan produk sirup sejenis.